BNK Bekasi Gelar Sosialisasi P4GN di SMPN 04 Cikarang Barat, Deary : Saya Berharap Kegiatan Ini Tidak Bosan-Bosannya Dilakukan Di Sekolah Ini


KABUPATEN BEKASI, SS- Badan Narkotikan Kabupaten (BNK) Bekasi laksanakan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bersama DPD GANNA Kabupaten Bekasi di Sekolah SMPN 04 Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, pada Jumat 19 Juli 2024 .

Animo kuat pihak Sekolah SMPN 04 Cikarang Barat dalam dukungan  terhadap kegiatan tersebut tercermin dalam antusias sambutan Kepala Sekolah SMPN 04 Cikarang Barat yang dikemukakan secara transparan dan tegas dalam sambutan nya.

"Perlu diingat bahwa, kegiatan ini adalah hal yang sangat penting dan merupakan strategi untuk mencegah adanya bahaya narkoba," tandas Deary Ratnaningsih, S.Pd.,M.Pd.

Lanjutnya, "Sebab sebagaimana di ketahui bahwa akhir-akhir ini semakin marak terjadi penyalahgunaan dan peredaran narkotika yang mana  menjadi sasarannya adalah para pengguna Narkoba anak- anak  diusia muda atau para pelajar,"ungkapnya.

Kepala Sekolah SMPN 04 Cikarang Barat juga mengapresiasi langkah BNK Bekasi bersama DPD GANNA Kabupaten Bekasi dalam melakukan Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) pada Sekolah-sekolah di Kabupaten Bekasi.

"Saya sangat mengapresiasi langkah BNK Bekasi dan DPD GANNA yang terus berkesinambungan menjalankan Program Prioritas Pemerintah dengan memberikan edukasi tentang bahaya Penyalahgunaan Narkoba dan Pencegahannya kepada para pelajar di sekolah-sekolah dan hal ini tentunya menjadi harapan kami selaku Pengajar tentunya dan Orang Tua Siswa pastinya," ucapnya.

"Saya berharap agar kegiatan ini tidak bosan-bosannya dilakukan disekolahnya, pada setiap tahun khususnya. Sehingga para pelajar mempunyai kemampuan daya tangkal dan daya lawan terhadap Narkoba," pungkas Kepala Sekolah SMPN 04 Cikarang Barat, Deary Ratnaningsih, S.Pd.,M.Pd.

Kenali Dengan Jelas Narkoba

Sementara Kepala Bidang Pencegahan BNK Bekasi sekaligus sebagai Narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan materi edukasi terkait "Bahaya Narkoba".

"Dalam ke ilmuan setiap pelajar harus mengetahui dengan jelas ciri-ciri dan karakteristik serta dampak buruk dari Narkoba itu sendiri, jika tidak mengetahui dengan jelas maka mereka akan dapat terjerumus menjadi korban Narkoba, dikarenakan mereka tidak bisa menentukan atau memutuskan mana yang namanya Narkoba dan mana yang bukan," terang Susilo Budianto.

"Apalagi saat ini sudah banyak sekali Narkoba beredar dalam berbagai jenis dan bentuk," sambungnya.

"Selain daripada itu, para pelajar juga jangan mudah termakan rayuan baik teman, kenalan atau siapapun juga untuk sekali-kali mencoba rasa Narkoba, walaupun itu di berikan secara gratis, sebab sekali mencoba akan terus menjadi kecanduan obat terlarang tersebut,"jelas Nara Sumber.

Terkait mengenai daya tangkap para pelajar dalam menyerap informasi dan Edukasi yang di sampaikan pihak Nara Sumber, Kepala Bidang Pencegahan BNK Bekasi menekankan.

"Yang terpenting dari semua itu adalah penyampaiannya harus sesuai dengan level atau tingkatan para peserta, serta dalam penyampaiannya tidak vulgar apalagi terlalu vulgar, namun harus edukatif," tutup Kepala Bidang Pencegahan BNK Bekasi, Susilo Budianto.

Acara di lanjutkan dengan pengenalan jenis-jenis dan bentuk-bentuk Narkoba berikut cara penangulangan dan pencegahannya. Sedangkan dalam sesi penutup di lakukan kegiatan berupa penyerahan bingkisan dari BNK Kabupaten yang di serahkan secara simbolik kepada Kepala Sekolah SMPN 04 Cikarang Barat.

Kegiatan tersebut di hadiri Kepala Sekolah SMPN 04 Cikarang Barat, Deary Ratnaningsih, S.Pd.,M.Pd., para guru, Komite Sekolah dan jajarannya serta simpatisan Orang Tua Murid.

(Erik) SS

Komentar